12 Februari, 2008

Melly ‘She’ Herlina: Sempat Dilarang Nge-Band




ADA cerita menarik yang tersisa dibalik kesuksesan album perdana She Band yang bertajuk Tentang Aku, Kamu, & Dia dirilis beberapa waktu lalu. Salah satu diantaranya, papa dari Melly (25) sang vokalis She Band waktu itu tidak tahu kalau anaknya bikin album rekaman. Kalau mengingat kejadian itu, pemilik nama lengkap Melly Herlina ini selalu merasa geli. Pasalnya, hanya P Wijaya –papanya seorang lah yang tidak tahu kalau dia sudah mengeluarkan album rekaman bersama She Band. Sementara mama-nya, Y Yulianti bersama anggota keluarga yang lain sudah mengetahuinya. Karena memang selama ini mengikuti sejak awal proses rekaman itu. Bahkan sepak-terjang Melly bersama She Band. "Papa itu baru tahu belakangan aja. Saya pikir dia mau marah. Lucu juga. Kan papa dinas di Jakarta, saat dikasih tahu waktu She Band rilis album pertama dulu. Mama ngasih tahu papa, kalau kasetnya sudah ada di toko kaset. Mama nyuruh papa beli," tutur wanita yang hobby masak masakan Padang ini sambil tertawa geli mengingat kejadian tersebut.
Dibalik usahanya merintis karir sebagai penyanyi. Apalagi vokalis dalam sebuah grup band. Rupanya Melly menyimpan cerita tersendiri. Bagaimana tidak. Papanya, sempat melarang dirinya untuk nge-band. Banyak hal yang menyebabkan papanya itu tidak setuju kalau Melly nge-band. "Wah, saya ngalamin juga mau manggung bareng band, sampai lompat jendela. Ngumpet-ngumpet biar enggak ketahuan sama papa saya. Mama sih ngedukung, makanya dia pura-pura ikutan enggak tahu," kenangnya.
Jauh kebelakang lagi, ketika gadis Indo keturunan Jepang ini masih duduk di SMAN 1 Bandung-lah awal terjun main band. Waktu itu, ia bikin grup band namanya Karnival yang mengusung aliran musik acid jazz. Mungkin dari sana pula, papanya melihat Melly yang saban-saban latihan band. Manggung, latihan terus terkadang lupa waktu belajar. Lantas ujung-ujungnya tidak begitu jelas arah dari nge-band itu mau rekaman atau cuma sekadar having fun. Atau juga cuma main di kafe. "Sejak dari situ, mungkin dulu tuh kenapa papa mulai melarang saya nge-band. Tapi, saya sendiri diam-diam tetap latihan nyanyi meskipun tidak secara khusus atau formal. Ya sekitar pertengahan 2002 tanpa setahu papa, saya gabung dengan She Band yang personelnya cewek semua sampai sekarang," kata bungsu dari tiga bersaudara ini.



Nah, sekarang coba perhatikan baik-baik sosok Melly ini. Terutama garis wajahnya yang sekilas mirip biduanita dunia, Celine Dion. Tak salah memang kalau wanita kelahiran Bandung, 17 April 1983 ini pun ternyata mengidolakannya. Apa lagi yang mirip? Ya kurang lebih kemiripan demi kemiripan itu masih ada. Melly juga seorang penyanyi, meski baru merintis karir di kancah musik Indonesia bersama kelompok musik yang terdiri atas cewek semua, She Band. Warna suara kalau tengah menyanyi terkadang 'nyawa' Celine Dion-nya terasa. Tapi, kalau dibanding-bandingkan, jelas siapa pun tak mau. Begitupun halnya dengan Melly. Bahkan ia merasa semua itu hanya faktor kebetulan saja. Kalaupun ada orang yang menyebut wajahnya mirip, jawabnya.. ya kebetulan juga!




(2)
Melamun Jadi Sumber Inspirasi

ADA satu hal yang disuka Melly dari semua hal yang disuka. Melamun. Pasalnya, yang dimaksud pemilik tinggi 162 sentimeter dan berat 50 kilogram ini dengan melamun adalah melamunkan hal yang positif. Tidak dimungkiri kalau hal yang satu ini kadang dinanti-nanti olehnya. Dimana pun atau kapan pun 'kegiatan' melamun bisa dilakukan. Semisal, ketika dirinya suatu hari dibonceng oleh salah seorang temannya dari kampus Widyatama pulang ke rumah. Di tengah jalan, setahu bagaimana dirinya hanyut dalam lamunan yang menurutnya mengasyikan. Saking mengasyikannya, hingga dalam benaknya muncul kata-kata yang kemudian merangkai jadi kalimat-kalimat indah. "Pokoknya seketika itu saya sudah 'gatal' ingin segera menumpahkannya jadi lagu. Waktu itu, teman saya enggak tahu apa-apa. Cuma terheran-heran karena saya suruh cepat-cepat. Ya begitu sampai di rumah, saya ambil gitar terus bikin lagu. Jadi deh lagu Tentang Aku, Kamu, dan Dia yang akhirnya kebetulan jadi judul album pertama She Band," kenang gadis yang mengaku hanya bisa main gitar dengan grip standar.
Bicara tentang kesukaannya melamun, tidak bisa dijelaskan kapan dirinya mulai menyukai hal tersebut. Semua orang pasti mengalaminya. Hanya, kilahnya, ada yang memang disengaja dan tidak disengaja. Nah, kalau dirinya termasuk orang yang kadang menyengaja. Lho? "Ya. Kan sebagai salah satu sarana untuk mencari inspirasi buat bikin lagu. Kalaupun melamun tidak sengaja terus bisa bikin lagu, ya itu namanya kebetulan," urai wanita yang sempat menjadi kekasih Ariel Peterpan ini.


(3)

Break Punya Anak

RENCANANYA setelah merilis album terbaru, re-packaged dalam waktu dekat ini Melly akan break dulu dari She Band. Ia akan menjalankan program punya momongan setelah setahun lebih menundanya. Selain memang sudah kebelet, agar ke depan ia tidak ‘terganggu’ dengan masalah yang satu ini. Juga memang pada dasarnya sudah merindukan tangisan si kecil di rumah. “Kalau sekarang memang ada unsur sengaja kita menunda dulu. Ya rencananya tahun ini kita baru akan program punya momongan,” kata istri dari Firmansyah, atlet basket yang juga salah seorang pemain andalan dari Klub Panasia Bandung.
Namun Melly meralatnya, bukan berarti seratus persen langsung mundur untuk istirahat dari dunia panggung yang sudah membesarkan namanya. Tapi, ia akan mengatur jadwal sebaik mungkin agar program anak yang tengah dijalaninya tidak sampai mengganggu kesibukannya. “Mungkin kalau masih bisa manggung saat hamil dan teman-teman di She Band mendukung, jalan aja. Hanya mungkin enggak terlalu banyak gerak juga,” tuturnya.
Tak dimungkiri kalau suami dan ibunya-lah yang sudah kebelet ingin segera menggendong anak atau cucu. Selain khawatir kalau ditunda terlalu lama malah akan menimbulkan masalah, juga biar Melly ada yang menemani kala Firmansyah tengah berada di luar kota. “Kayak sekarang, kan dia (Firmansyah, RED) kerjanya atau base camp nya pindah ke Jakarta. Agak jarang pulang, ya kalau punya anak kan katanya biar saya ada yang nemenin,” ujar Melly memberi alasan.



Melly Facts

Nama lengkap : Melly Herlina
Nama populer : Melly
Suami : Firmansyah
Lahir : Bandung, 17 April 1983
Alamat : Pharmindo, Cimahi
Anak : Ketiga dari tiga bersaudara
Nama ayah/ibu : P Wijaya/Y Yulianti
Tinggi/Berat : 162 cm/50 kg
Baju : M
Celana : 28
Sepatu : 39 - 40
Cita-cita Formal: Dokter
Pendidikan : Lulusan Fak Ekonomi-Manajemen Widyatama
Artis favorit : Celine Dion, Christina Aguilera
Tokoh favorit : Susilo Bambang Yudoyono
Buku favorit : Novel, Khahlil Gibran
Jenis film favorit : Drama, komedi
Warna favorit : Cokelat, hitam, putih
Makanan favorit : Masakan Padang
Hobi : Masak, tidur
Parfum : DKNY Woman
Hal yang dibenci: Nongkrong
Hal yang disuka : -
Mimpi yang dibenci: Mati
Mimpi yang disuka : -
Obsesi : Bikin album solo
Falsafah hidup : Kerja keras!
Album (she Band): - Tentang Aku, Kamu, dan Dia (2005)
- Tersenyum Lagi (2007)

2 komentar:

GARUDA PANASIA mengatakan...

hebat juga perjuangan teh Melly ini, meskipun sedikit bengal dan nakal tp berbuat suatu keberhasilan.

oke sukses yah teh Melly

salam untuk Radinka, Mas Firman, all personil SHE.

dari Dimas CIMINDI

PAGUYUBAN NARASRAYA mengatakan...

melly mirip banget sama istri aku,muka2nya kaya gitu,lucu aja,kalo dia lagi ada ditipi,berasa tu istri aku..hehehe