19 Februari, 2008

Kinaryosih: No Aborsi!

BERMAIN dalam film terbaru, Claudia/Jasmine memberikan kesan tersendiri bagi Kinaryosih (29). Dalam film dibawah bendera Nation Pictures ini, Kinar --panggilan akrab Kinaryosih berperan sebagai Claudia Jasmine. Meski di film itu berperan sebagai orang yang 'larut' dalam seks bebas, namun dalam keseharian Kinar mengaku tidak menganut faham tersebut. "Ibu saya tuh termasuk orang tua yang masih menjunjung tinggi ke-Timuran. Jadi, wajar-wajar aja deh kalau pacaran itu, enggak usah berlebihan," kata mantan juara pertama Wajah Femina 1997 ini usai mengikuti acara nonton bareng di BSM XX1, Bandung, Minggu (18/2).
Sebagai cewek yang memiliki kekasih seorang bule, Brett yang notabene dimana negara asalnya tak sedikit yang sudah terbiasa dengan melakukan hubungan seks sebelum nikah, Kinar menampik. Ia tak menganut faham yang membenarkan melakukan hubungan seks sebelum nikah. Sebaliknya, menurut Kinar, justru kekasihnya itu cukup memahami dirinya. "Dia mengerti benar kalau saya yang masih menjunjung tinggi adat ke-Timuran. Ya, sampai saatnya tiba aja nanti," ujarnya seraya masih merahasiakan kapan akan naik pelaminan.
Adapun menyikapi hal yang terjadi pada tokoh Claudia Jasmine yang diperankannya, peraih piala citra 2006 kategori pemeran pembantu wanita terbaik lewat film "Mendadak Dangdut" menganggap sesuatu realita. Dalam kehidupan di Indonesia melakukan hubungan seks sebelum nikah atau menggugurkan kandungan menjadi hal yang kini seolah 'terbiasa'. Terlepas dari pro kontra. Namun pada kenyataannya di pelosok-pelosok negeri ini tak sedikit anak muda yang larut dalam seks bebas. Terlebih lagi tak sedikit pula yang menganggap menggugurkan kandungan itu menjadi hal yang biasa, bukan lantaran alasan khusus. "Hanya saya sendiri, terus terang aja menentang banget tuh yang namanya mengugurkan kandungan. Kecuali memang ada hal-hal khusus, ya seperti menyangkut masalah kedokteran lah saya masih bisa terima," tutur lajang kelahiran Jakarta 3 Maret 1979.

Sembunyi di Lemari

KINARYOSIH mengaku termasuk orang yang memiliki masa kecil yang indah bersama kedua orangtuanya. Hanya dari sekian banyak kenangan manis. Yang kini masih menempel dan teringat selalu adalah kenangan yang tidak menyenangkan. Yaitu saat kakinya terkena knalpot motor. "Saya masih kecil waktu itu. Kan kaki saya kena knalpot.
Saking kaget, bukannya cepet diobatin. Tapi, malah lari ke kamar dan masuk ke lemari," kenang Kinar.
Cukup lama Kinar berada dalam lemari waktu itu. Pasalnya, bukan rasa sakit yang ia pikirkan. Tapi, karena takut dimarahi sama papa nya. Dan kenangan masa kecil itu sampai sekarang kerap membuat Kinar agak sedikit trauma kalau naik motor. "Padahal, waktu SMA saya juga sempat motor-motoran. Cuma memang sampai sekarang kadang agak parno juga kalau tiba-tiba ada motor lewat," kata pemilik tinggi 174 sentimeter-berat 53 kilogram.
Meski kini perlahan-lahan rasa trauma kalau dekat-dekat motor, tapi Kinar mengaku kadang masih juga suka naik motor. Terlebih saat dirinya mesti datang ke suatu tempat terus terjebak macet, mau tak mau dirinya dengan segala upaya harus segera menepati janji. "Sekarang pakai motor ya kadang-kadang juga sih. Terutama kalau macet, sementara saya ada janji. Baru deh minta anter ke siapa aja," tutur Kinar.


Serius Tekuni Akting

MENDAPATKAN peran utama dalam sebuah film atau sinetron merupakan hal yang paling ditunggu oleh aktris atau aktor. Termasuk Kinaryosih yang mengaku sangat beruntung mendapatkan peran sebagai Jasmine di film terbaru besutan Nation Pictures. Di film yang disutradarai oleh Awi Suryadi menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, di film itu Jasmine yang didera trauma masa lalu, mencoba mencari definisi cinta yang sejujurnya. Kisah mereka melukiskan secara abstrak arti cinta. "Saya harus benar-benar bermain dengan apa yang diharapkan oleh sutradara. Itu jelas berbanding terbalik dengan kehidupan asli saya. Menurut saya itu cukup sulit," kata Kinar --panggilan akrab Kinaryosih.
Meski awal karirnya dimulai dari dunia model, namun belakangan Kinar mengaku serius menekuni dunia akting. Banyak hal yang menurutnya bisa diperoleh dari dunia yang sekaligus telah membesarkan namanya tersebut. Apalagi setelah dirinya sempat memperoleh piala citra pada 2006 lalu sebagai pemeran pembantu terbaik pada film "Mendadak Dangdut". "Dapet piala citra itu jadi tantangan tersendiri bagi saya. Pokoknya sejak itu, saya jadi tambah serius menekuni akting. Susah diceritakan soalnya. Banyak hal yang saya peroleh dari dunia akting selain materi, tentunya," tutur lajang kelahiran Jakarta 3 Maret 1979.
Kinar tidak memiliki obsesi atau target tertentu dalam dunia akting. Ia hanya selalu berusaha menjalankan tugas dan perannya secara profesional saat mendapatkan peran dalam sebuah produksi. Baginya, totalitas menjadi yang utama. "Dalam segala hal, kayaknya kita harus total. Tentang gimana nanti hasilnya, kalau kita sudah total menekuninya masa iya sih hasilnya enggak memuaskan," ujar Kinar.
Termasuk kala dirinya menjalani profesi sebagai model yang telah lebih dulu ditekuninya sebelum dunia akting. Kinar berani tampil nyaris bugil dalam foto-foto hasil jepretan Darwis Triadi. Model yang kekasih dari Brett Money ini mengaku orang tuanya tak keberatan jika foto-foto sensual dirinya disebarluaskan dan dipamerkan.
Foto-foto model berkulit sawo matang ini waktu itu memang lumayan buka-bukaan. Tubuh seksi Kinar, satu diantara beberapa model yang fotonya terpampang dalam buku koleksi foto keluaran sebuah majalah pria. "Orang tua saya mendukung kok. Ibu saya juga sudah lihat foto-foto itu, dia bilang nggak apa-apa. Mereka percaya banget sama saya, lagipula saya kan sudah dewasa," tutur Kinar. "Itu kan sebagai suatu karya seni. Bukan karena saya maunya buka-bukaan," lanjut Kinar yang ditemui di acara nonton bareng film Claudia/Jasmine di BSM XX1 Bandung, Minggu (18/2).

Biofile
Nama : Kinaryosih
Kekasih : Brett Money

Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Maret 1979
Sinetron : Perkawinan Sedarah (Multivision Plus), Indahnya Cinta, Romantika, Aku Cinta Kamu, Wulan, Dongeng Pasir, Bulan dan Bintang, Cewekku Supir Taksi, Pacar Seleb, Maha Kasih Episode 2 (Model yang Sombong), , dan Serial TV Jomblo
Film : Betina (2006), Alexandria (2006), Mendadak Dangdut (2007), Claudia/Jasmine (2008)
Profesi : Model, Aktris
Prestasi : - Juara Pertama Wajah Femina 1997
- Peraih Piala Citra sebagai pemeran pembantu wanita terbaik 2006 dalam film "Mendadak Dangdut"
- kontestan The Amazing Race Asia 2 bersama kekasihnya, Bret Money

Tidak ada komentar: