12 Februari, 2008

Moamar Emka Nulis Novel Seminggu




BAGI Moamar Emka, penulis novel Jakarta Undercover mengadaptasi film Love menjadi sebuah novel yang bertajuk sama termasuk terlama. Satu minggu. Pasalnya, Emka mengaku
ia punya rekor tersendiri untuk menulis novel adaptasi dari film seperti itu. "Gue tuh biasa nulis, punya rekor sendiri. Paling lama tiga hari. Buku Tentang Dia. Nah, yang novel Love ini bisa dibilang terlama. Seminggu," katanya saat peluncuran buku Love di Menara Jamsostek, Jakarta Selatan, Senin (11/2) lalu.
Salah satu yang membuat dirinya agak lama menyelesaikan novel Love karena tokohnya banyak. Hal itu secara tak langsung harus diterjemahkan Emka sebaik mungkin dan agar tidak keluar jalur dari tokoh yang ada di film. "Ibaratnya, novel gue ini skrip utuh. Jadi, gue mesti menuliskan seperti gambarnya orang pelukan nah bahasa kata-katanya gimana. Belum lagi tokoh yang dimainkan karakternya berbeda-beda," tutur Emka memberi alasan.
Bahkan, saking merasa kesulitannya dalam menulis novel di bawah bendera Gagas Media ini, Emka pergi ke Bali. Maksudnya, siapa tahu di pulau dewata itu ia bisa mendapatkan inspirasi sekaligus motivasi. "Gila, gue ke Bali sepuluh hari enggak ngapa-ngapain. Mandeg! Eh, begitu gue main ke salah satu kafe di Plaza Senayan baru deh bisa nulis," ujarnya sambil tertawa.

Tidak ada komentar: