28 Februari, 2008

Selat Malaka Dipasang 22 Radar

Nasional
Kamis , 28 Februari 2008 , 15:28:02 wib
Hendra Gunawan

JAKARTA, TRIBUN - Pemasangan radar laut di seluruh Indonesia direncanakan dilaksanakan mulai tahun ini. Departemen Perhubungan menargetkan tahun 2009 mendatang 22 radar yang akan dipasang itu bisa dioperasikan. Direktur Navigasi Perhubungan Laut Departemen Perhubungan Yuri Gunadi mengatakan, tahun ini Dephub akan memasang 26 radar di seluruh Indonesia.

Radar-radar tersebut akan dipasang di sepanjang Selat Malaka, Selat Sunda, dan Selat Lombok. Radar yang paling banyak dipasang adalah di Selat Malaka yaitu 22 unit.

"Yang di Selat Malaka ini banyak karena akan dipasang mulai dari Sabang (NAD) hingga Pulau Bangka (Babel)," kata Yuri pada Persda Network seusai peresmian kapal SAR di BASARNAS, Jakarta, Kamis (27/2).

Sedangkan Selat Sunda dan Selat Lombok masing-masing akan dipasangi dua unit radar. Kemampuan radar ini bisa melihat secara visual kapal yang lewat. Radar ini nantinya akan difungsikan sebagai alat pengontrol bagi kapal-kapal dagang yang melintas di perairan tersebut. Yuri mengatakan, untuk pengadaan radar ini dibutuhkan dana lebih dari Rp 100 miliar. (ary)

sumber: tribun jabar

Tidak ada komentar: