21 Februari, 2008

Liga Champions

Fenerbahce Buka Peluang
Milan Imbangi Arsenal
[Kamis, 21 Februari 2008 04:37, BIANGBOLA]

Arsenal gagal memanfaatkan keuntungan bermain di kandang setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat menjamu AC Milan di Emirates Stadium dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2).

Meski imbang, Arsenal memiliki peluang lebih besar untuk lolos karena hanya membutuhkan hasil imbang minimal 1-1 di laga kedua nanti. Sedangkan Milan memiliki tugas lebih berat karena wajib menang di pertemuan kedua di San Siro meski mendapat keuntungan bermain di kandang sendiri.

Dipimpin oleh wasit asal Denmark Claus Bo Larsen, Arsenal memainkan duet Emmanuel Adebayor dan Eduardo Da Silva guna menembus lini belakang Milan yang dihuni pemain berusia 30 tahun keatas. Milan sendiri hanya menurunkan Alexandre Pato, yang memulai debutnya di ajang Eropa, sebagai penyerang tunggal.

Babak pertama didominasi oleh tuan rumah dimana mereka lebih banyak melakukan serangan sementara Milan mengandalkan serangan balik cepat melalui Kaka sebagai porosnya.

Namun peluang pertama justru didapat tim tamu saat kapten Paolo Maldini nyaris menjebol gawang Arsenal bila saja sundulannya tidak mampu ditepis kiper Jens Lehmann, yang dipercaya pelatih Arsene Wenger untuk berada di bawah mistar.

Arsenal harus melakukan pergantian di menit-menit awal setelah Kolo Toure ditarik keluar menyusul cedera lutut yang dialaminya saat menahan tendangan Pato. Posisinya digantikan oleh Philippe Senderos.

The Gunners mendapat peluang matang saat aksi Emmanuel Eboue, yang menusuk dari sektor kanan dan mengecoh Maldini, memberikan umpan terukur yang langsung disambar oleh Mathieu Flamini. Namun sayang tendangan gelandang Prancis tersebut mengarah tepat ke pelukan kiper Zeljko Kalac.

Di babak kedua, Arsenal menaikkan tempo permainan mereka dan hasilnya cukup membuat lini belakang Milan semakin kerepotan, dimana Alessandro Nesta harus ditarik keluar akibat mengalami cedera.

Kakha Kaladze nyaris saja mencetak gol bunuh diri saat bola hasil umpan pojok mengenai bahunya dan menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Arsenal bahkan mampu mencetak gol di menit ke-54 saat Adebayor berhasil menaklukkan Kalac. Akan tetapi gol tersebut dianulir wasit karena Adebayor lebih dulu berada dalam posisi offside saat menyambut umpan Aleksandr Hleb.

Milan mencoba membalas serangan dan mendapatkan peluang saat tendangan Kaka masih melebar dari sasaran.

Tekanan demi tekanan dilancarkan Arsenal ke jantung pertahanan Milan dan membuat Kalac beberapa kali melakukan penyelamatan penting termasuk menahan tendangan Adebayor dan Cecs Fabregas.

Milan mendapatkan peluang terbaik kedua mereka setelah umpan pojok Andrea Pirlo ditanduk oleh Alberto Gilardino namun mengarah tepat ke pelukan Lehmann.

Peluang terakhir yang didapat tuan rumah diperoleh di menit keempat tambahan waktu. Umpan silang Theo Walcott meluncur tepat ke arah Adebayor. Akan tetapi, mistar gawang menjadi 'pemain terakhir' Milan yang mampu menggagalkan peluang Adebayor untuk mencetak gol perdananya bagi Arsenal di Liga Champions karena sundulan penyerang Togo itu masih membentur mistar.

Di laga lainnya, Fenerbahce membuka peluang lolos ke perempat final usai membekuk Sevilla 3-2 di Istanbul dalam laga pertama babak knockout.

Klub Turki itu hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos, sementara Sevilla cukup membutuhkan kemenangan tipis 1-0 di laga kedua nanti guna melaju ke delapan besar.

Tuan rumah membuka keunggulan di menit ke-17 memanfaatkan kurangnya komunikasi antara Julien Escude dan Ivica Dragutinovic. Umpan silang Ugur Boral berhasil diselesaikan Mateja Kezman melalui sundulan yang bersarang di dalam gawang Sevilla.

Gol Kezman makin membakar semangat sekitar 50.000 fans tuan rumah untuk lebih memberikan dukungan penuh terhadap tim kesayangannya.

Namun Sevilla mampu menyamakan kedudukan di menit ke-23 melalui gol bunuh diri Eduardo Luis De Souza yang mencoba menghalau umpan silang Daniel Alves namun justru mengarah ke gawang sendiri.

Fenerbahce kembali unggul di menit ke-57 setelah umpan pojok Alex berhasil diselesaikan oleh Diego Lugano.

Pertandingan kembali berimbang setelah Sevilla kembali menyamakan kedudukan di menit ke-66 melalui gol Escude.

Namun tuan rumah akhirnya meraih kemenangan setelah di sisa dua menit pertandingan mampu mencetak gol ketiga mereka melalui gol Semih Senturk, dengan melepaskan tendangan yang mengenai kaki pemain Sevilla. [Rif]

Tidak ada komentar: