21 Februari, 2008

Liga Champions

Messi Lebarkan Langkah Barca
[Kamis, 21 Februari 2008 04:40, BIANGBOLA]

Langkah Barcelona ke babak perempat final Liga Champions semakin melebar setelah gol Lionel Messi memberikan kemenangan 3-2 atas tuan rumah Glasgow Celtic di laga pertama babak knockout, Rabu (20/2).

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Barcelona karena mereka hanya membutuhkan hasil imbang di laga kedua yang akan dimainkan di Nou Camp. Kekalahan 0-1 di laga kedua nanti pun tetap meloloskan mereka ke delapan besar.

Sementara bagi Celtic, kata 'menyerah' nampaknya menjadi pilihan mereka mengingat mereka harus meraih kemenangan dengan selisih empat gol apabila ingin lolos walaupun tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola.

Tampil di Celtic Park, Barcelona justru membuka peluang pertama pertandingan saat tendangan Andres Iniesta nyaris menjadi gol jika saja kiper Artur Boruc tidak piawai didalam melakukan penyelamatan.

Thierry Henry menambah ancaman ke gawang Celtic saat tendangannya masih dapat disapu oleh kombinasi Boruc dan Stephen McManus.

Keasyikan menyerang membuat lini belakang Barcelona lengah terutama dalam mengantisipasi bola-bola diagonal Celtic.

Dan hal ini menjadi petaka bagi Barcelona setelah Celtic berhasil membuka keunggulan lebih dulu setelah di menit ke-16 Jan Vennegoor of Hesselink mampu menyelesaikan umpan diagonal Lee Naylor melalui sundulan.

Namun dua menit berselang, tim tamu mampu menyamakan kedudukan setelah umpan terobosan Deco De Souza berhasil diteruskan menjadi gol oleh Messi.

Celtic kembali unggul di menit ke-38 setelah Barry Robson sukses menaklukkan kiper Victor Valdes melalui sundulan yang melambung melewati atas kepala Valdes. Ini adalah gol debut Robson dalam laga debutnya di ajang Liga Champions.

Barcelona kembali menyamakan kedudukan di menit ke-52 saat tendangan terarah Henry meluncur ke pojok gawang Celtic tanpa dapat dijangkau Boruc. Gol tersebut menjadi ciri khas Henry semasa masih memperkuat Arsenal.

Dan tim tamu berbalik unggul setelah di menit ke-79 Messi mencetak gol keduanya memanfaatkan kesalahan bek Celtic yang gagal menyapu bola umpan Samuel Eto'o.

[Rif]

Tidak ada komentar: