14 Februari, 2008

Mala Bersaing dengan Maia dan Mulan




MALA. Nama yang mungkin masih terasa asing di telinga atau bahkan bila diucapkan sekalipun. Apalagi bila menuliskan nama aslinya, Siti Malahayati Lubis. Namun nama itu bisa menjadi terasa dekat dan ada sedikit kemiripan dengan artis penyanyi Maia Estianty. Atau akrab disebut sebagai Maia Ratu. Terlepas dari sengaja atau tidak sengaja dan duluan siapa yang menyandang nama yang sekilas memang mirip itu. Hanya terpaut beda satu huruf, L dan I saja. Yang jelas, keduanya sama-sama menekuni dunia tarik suara. Berparas cantik, pasti. "Jelas beda lah. Mbak Maia itu kan bisa dikatakan terkenal. Lah, kalau saya ini kan katagorinya masih baru. Perjuangannya masih panjang. Enggak boleh dong ngebanding-bandingin begitu. Yang sama itu hanya kita di jalur yang sama yaitu tarik suara. Selebihnya, berbeda," ujar Mala.
Uniknya, nama Mala yang sempat merilis album Mala Mendua beberapa waktu lalu kalau disangkut-pautkan dengan nama Mulan Jameela atau Mey Chan --gandengan barunya Maia pada album Maia and Friends. Ada kedekatan juga antara satu sama lain. Sama-sama menyandang nama dari awalan huruf 'M'. Yang beda, hoki belum menghinggapi Mala saja. Namun, kalau diurut sepakterjang dalam dunia menyanyi, rasanya sama-sama memiliki jam terbang yang cukup sebagai penyanyi jebolan kafe. Meskipun bisa dikatakan tak sepenuhnya dilakoni Mala. Beda dengan Mulan dan Mey Chan yang memang benar-benar berangkat dari kafe. Terlebih lagi,
Mala yang sempat ngendon di Bandung sebelum sekarang hijrah ke Jakarta sempat satu atap dengan Mulan yang saat itu masih mengusung nama aslinya, Wulansari. Kalau Mey Chan hanya kedekatan dari namanya saja yang berawal 'M'.
Dengan Mulan, ketika itu, Mala dan Mulan tumbuh dan besar dalam manajemen Dep Production dibawah komandan Herry Ma'ruf. Sesekali sepanggung bersama diiringi Dimensi Band yang memang grup band tempat Mulan berlabuh sebelum digaet Ratu. Lain dengan Mala yang memang dari awalnya solo. Tapi, sesekali juga terkadang diiringi band-nya Mulan saat manggung. Dari semua keterkaitan antara Mala, Maia, dan Mulan secara tak langsung awal tahun ini menjadi arena persaingan yang 'sengit' diantara mereka. Menyusul, Maia dan Mulan yang belum lama ini sudah merilis album. Sedangkan, Mala kini tengah bersiap akan merilis album keduanya yang lama terpendam. "Bersaing dengan mereka (Maia dan Mulan, RED)? Bisa jadi. Hanya bukan secara personal, tapi mungkin lebih kepada karya dan musik kita dan sepenuhnya diserahkan kepada publik musik. Secara pribadi ya enggak lah. Saya orangnya lebih tahu diri. Siapa saya gitu loh," kata Mala yang memiliki nama lengkap Siti Malahayati Lubis sambil terkekeh.


(2)
Dibekingi Bandit

ADA satu hal yang menarik lagi pada penggarapan album kedua dari Mala yang kini sudah mencapai sekitar 80 persen. Bukan bermaksud membanding-bandingkan (dengan Maia Estianty, RED), tapi memang begitu kenyataannya. Sekedar sedikit bocoran. Lajang kelahiran Medan, 5 Juli 1982 ini akan tampil bersama teman-temannya. Maksudnya? Di album yang cukup lama terpendam sekian lama, Mala akan tampil tidak sendirian lagi. Dia menyebutnya dengan nama Mala and The Bandit. "Kalau mau jujur, saya dengan The Bandit ini sudah sejak lama. Makanya, sekarang konsepnya lebih nge-band. Tidak ada maksud ikut-ikutan atau gimana. Tapi, konsep ini sudah kita bikin setahun lebih. Hanya ya itu tadi, realisasinya baru awal tahun ini," papar Mala.



Tak dimungkiri sebagai pendatang baru di kancah musik Indonesia, pemilik tinggi 170 sentimeter dan berat sekitar 52 kilogram ini harus mempersiapkan segala sesuatunya sendirian. Kalaupun ada, teman-teman dekatnya termasuk yang tergabung dalam The Bandit-lah bahu membahu agar album kedua Mala segera kelar. "Di album ini, saya tampil duet. Ya kayak konsep manggung setahun ke belakang ini saja bersama The Bandit. Hanya teman duet saya, cowok bukan cewek. Serem lagi, saya dibekingin Bandit," kata wanita berkulit putih ini.


(3)
Mencari Pria Jujur

MESKI sempat menjadi teman dekat dari pemain Persija, Hamka Hamzah tapi lajang yang kerap mengecat rambutnya ini mengaku masih sendiri. Padahal bila melihat penampilan, agak mustahil juga bila tak ada pria yang menjadi kekasihnya. Walaupun kemana Mala pergi, selalu dikelilingi pria tapi tak ada satu pun yang menjadi teman dekatnya. Tak ada yang spesial. "Dari dulu, bisa dibilang saya tuh lebih banyak teman cowok ketimbang cewek. Jadi, kemana-mana lebih sering sama cowok. Ya mungkin itu juga yang bikin cowok agak susah ngedeketin. Mungkin dikiranya, cowok yang jalan bareng sama saya pacarnya. Padahal, hari ini sama si A, besok sama si B, dan itu semua teman. Sampai sekarang, saya masih ingin konsentrasi dulu pada karir," ungkap Mala.
Tak dimungkiri pula bila pada gilirannya nanti, manakala tengah meniti karir di jalur musik terpaut pada seseorang. Yang jelas, syaratnya bagi pria yang ingin menjadi kekasihnya. Sederhana saja. Jujur. Menerima Mala apa adanya. Mapan. Seiman.



file
Nama Lengkap : Siti Malahayati Lubis
Panggilan : Mala
Tempat Tanggal Lahir : Medan, 5 Juli 1982
Berat/tinggi : 52 kilogram - 170 sentimeter
Album : Mala Mendua
Profesi : Model dan Menyanyi
Prestasi : - Menjuarai beberapa even model di Medan ('97-an)
- Mengendarai motor besar dari Aceh ke Medan

Tidak ada komentar: