10 Maret, 2008

Man United 0-1 Portsmouth

Tribun Soccer
Setan Merah Tersisih
Taufik Ismail

MANCHESTER, TRIBUN - Ambisi Manchester United (MU) untuk meraih tiga gelar musim ini pupus sudah. Portsmouth, yang bertandang ke Theatre of Dreams, berhasil menyisihkan The Red Devils di perempatfinal Piala FA, Sabtu (8/3). MU, yang menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain, takluk dengan skor 0-1 dari tamunya. Setan Merah bahkan harus memasang kiper dadakan Rio Ferdinand karena kehabisan stok kiper di bangku cadangan.

Bermain di kandang sendiri, MU langsung menekan Portsmouth. Peluang mencetak gol tercipta di menit ke-19. Setelah mematahkan tendangan penjuru The Pompey, Wayne Rooney membawa bola hingga ke kotak penalti lawan. Meski sudah berhadapan dengan David James, Rooney kehilangan bola setelah ditekel oleh Sol Campbell. Bola liar mampir di kaki Carlos Tevez. Ia pun menendang ke arah gawang yang sudah ditinggalkan James. Beruntung masih ada Glenn Johnson yang berhasil menghalau bola tepat di garis gawang.

Setelah itu, kedua tim silih berganti menyerang. Namun, tidak ada gol yang tercipta hingga wasit M Atkinson meniup peluit tanda babak pertama usai.

Di babak kedua, Alex Ferguson memasukan Tomasz Kuszczak untuk mengganti Edwin van der Sar yang mengalami cedera. Setan Merah, yang berambisi lolos ke semifinal, terus menekan di babak kedua. Menit ke-51, Nani menguji kepiawaian James. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti diamankan kiper timnas Inggris ini.

Merasa serangan timnya tak efektif, pelatih Porstmouth, Harry Redknapp, mengganti Nwankwo Kanu dan memasukkan Milan Baros. Namun, bermain dengan hanya menyisakan satu striker di depan membuat serangan The Pompey tak efektif. Mereka hanya mengandalkan serangan balik untuk menekan pertahanan United.

Menit ke-69, pemain yang baru masuk, Michael Carrick, berpeluang besar membawa United unggul. Menerima umpan dari Ronaldo, ia berhasil mencocor bola melewati James. Namun, bola yang mengarah ke gawang kosong bisa dihalau Sylvain Distin yang berjibaku dengan Carrick.

Selang empat menit, giliran bek kiri Patrick Evra yang mencoba membobol gawang Portsmouth. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti ke arah pojok kiri gawang bisa ditepis James. Bola kemudian membentur tiang gawang dan bergulir kembali ke tengah lapangan.

Keasikan menyerang, petaka menimpa United di menit ke-76. Lewat serangan balik, The Pompey berhasil menciptakan peluang. Baros, yang lepas dari pengawalan para pemain belakang MU, harus dihentikan oleh Kuszczak di kotak penalti. Atkinson langsung menunjuk titik putih dan mengusir Kuszczak.

Setan Merah, yang kehabisan stok kiper, akhirnya memasang kiper dadakan. Palang pintu Ferdinand ditunjuk oleh Fergie untuk mengawal gawang United. Namun tugas pertamanya gagal. Ferdinand tak mampu menghalau penalti yang dieksekusi sempurna oleh Sulley Muntari. Meski sudah bisa menebak arah bola, ia tak mampu mencegah gawangnya kebobolan.

Meski minus satu pemain, Setan Merah terus berusaha untuk menyamakan kedudukan dan memaksakan digelarnya pertandingan ulangan. Namun, hingga pertandingan selesai, usaha MU untuk mencetak gol tak juga berhasil. Dan MU pun tersisih dari Piala FA. (tis)

sumber: tribun jabar (Minggu , 09 Maret 2008 , 04:17:12 wib)

Tidak ada komentar: