04 Maret, 2008

Guyonan di Singapura

04/03/2008 07:48 WIB
Toilet Break, Kisah Nyata Dibintangi Mas Selamat Kastari
Nurul Hidayati - detikcom

Jakarta - Terorisme jelas jauh dari tawa lebar. Tapi kasus kaburnya Mas Selamat Kastari dari penjara Singapura yang hingga hari ke-7 tak juga sukses dibekuk, menjadi guyonan publik Singapura di internet.

Kritik langsung pada pemerintah yang jarang terlihat di media mainstream Singapura akhirnya tertuang lewat internet.

"Toilet Break, berdasar kisah nyata dibintangi Mas Selamat Kastari," begitulah pesan yang terpampang di sebuah website milik seorang blogger, terinspirasi drama televisi AS yang cukup populer,"Prison Break." Demikian dilansir AFP, Selasa (4/3/2008).

Menurut blogger Phillip Chua, kaburnya Kastari -- warga Singapura kelahiran Indonesia -- dari toilet pusat penahanan Whitley Road pada Rabu 27 Februari menjadi tertawaan dunia internasional.

Teoh Khengze, seorang penulis dan jurnalis, menulis dalam blognya kaburnya Kastari sebagai "The Great Singapore Escape" yang tidak masuk akal dan berani.

Sedangkan Talkingcock.com, website satir yang populer, menyatakan kaburnya Kastari menunjukkan perlunya menteri-menteri kabinet mendapatkan kenaikan gaji meskipun mereka sudah masuk jajaran orang bergaji tertinggi di dunia.

Situs itu juga memuat foto khayalan Kastari dalam berbagai kemungkinan -- menyamar sebagai wanita yang memakai wig pirang, gaya 1960-an, hingga gaya Osama bin Laden.

Kastari yang pincang di kaki kiri, diyakini masih berada di Singapura karena dia kabur tanpa bantuan dan tak memiliki modal seperti pakaian, uang dan alat transportasi untuk keluar negeri.

( nrl / anw )
sumber: detikcom

Tidak ada komentar: