04 Maret, 2008

'ATONEMENT', Mencari Pengampunan Lewat Tulisan


PEMAIN:
James McAvoy, Keira Knightley, Saoirse Ronan, Brenda Blethyn, Vanessa Redgrave

Briony Tallis (Saoirse Ronan) terlahir bungsu dari tiga bersaudara keluarga berada di Inggris. Sejak kecil Briony memiliki bakat sebagai seorang penulis. Imajinasinya sebagai penulislah yang akhirnya mengubah jalan hidupnya dan kakaknya.

Cecilia (Keira Knightley), kakak Briony yang kuliah di Cambridge menjalin cinta dengan Robbie Turner (James McAvoy) putra pembantu keluarga Tallis. Walaupun dari kalangan bawah, Robbie memiliki masa depan yang cerah. Dari biaya orang tua Cecilia, Robbie mampu melanjutkan pendidikannya.

Musim panas 1935, semua keluarga berkumpul dikediaman Tallis. Saat itu karena cemburu dan imajinasi berlebihan Briony yang berumur 13 tahun akhirnya menuduh Robbie memperkosa Lola Quincey sepupu Briony. Berdasarkan kesaksian itu, Robbie akhirnya dipenjara karena Lola sendiri tidak mampu mengingat pelaku pemerkosanya.

Empat tahun kemudian, ketiga orang itu bertemu dalam pernikahan Lola. Briony akhirnya menyadari semua kesalahannya dan memohon maaf pada Cecilia dan Robbie.

Lalu siapakah yang sebenarnya memperkosa Lola? Dan sanggupkah Robbie dan Cecilia memaafkan Briony?

Film yang dirilis Universal Pictures sebagai penutup tahun 2007 ini berkisah tentang kekuatan imajinasi. Mungkin kesalahan yang timbul karena imajinasi harus dituntaskan lewat imajinasi pula. (kpl/roc)

sumber: kapanlagi.com

Tidak ada komentar: