04 Juni, 2008

Stadion Piala Eropa 2008 (1)

Stade de Suisse Wankdorf

AFP PHOTO / Handout/Swiss Air Force


KEAJAIBAN Bern (Miracle of Bern), itulah julukan bagi stadion yang akan menjadi tempat tiga pertandingan dalam Piala Eropa 2008. Julukan ini keluar ketika Jerman berhasil menjadi juara dunia dengan menumbangkan Hungaria pada Final Piala Dunia 1954.

Stadion ini merupakan bentuk baru dari Stadion Wankdorf yang pada 3 Agustus 2001 dihancurkan untuk dibangun kembali. Setelah masa pembangunan selama empat tahun, stadion yang dibangun dengan biaya 350 juta ero ini diresmikan pada 30 Juli 2005.

Meski demikian pertandingan perdana di stadion yang berkapasitas 32 ribu penonton sudah dilakukan pada 16 Juli 2005. Pertandingan perdana ini merupakan pertandingan persahabatan antara Young Boys melawan Olympique Marseille.

Keberadaan stadion tersebut tak terlepas dari Young Boys yang sebelumnya hanya berlatih di sebuah lapangan olahraga yang kemudian di atasnya dibangun sebuah stadion.

Stadion Wankdorf yang kemudian menjadi kandang Young Boys dibangun pada tahun 1925 selama tujuh bulan dengan kapasitas 22 ribu penonton.

Tak heran jika ada berbagai penghormatan untuk Young Boys yang hingga kini tetap eksis tersebut. Selain warna klub tersebut yaitu hitam dan kuning yang mendominasi kursi di stadion tersebut, ada juga sebuah keunikan lainnya, yaitu sebuah kursi berwarna merah.

Kursi merah tersebut merupakan kursi yang pertama kali dipasang di stadion tersebut setelah pembangunannya kembali. Kursi yang dipasang pada 20 Januari 2003 tersebut hanya diperuntukkan bagi tokoh-tokoh yang mempunyai kaitan dengan Young Boys.

Stadion ini sebelumnya juga sempat dipugar ketika akan digunakan untuk final Piala Dunia 1954. Virgilio Muzzulini dan Walter Haemming menjadi arsitek bagi stadion yang kapasitasnya ditingkatkan menjadi 64 ribu penonton, 8.000 di antaranya bertempat duduk.

Dari sisi konstruksi, stadion ini juga punya keistimewaan. Atapnya mampu menyerap sinar matahari untuk kemudian diubah menjadi tenaga listrik dengan daya 700 ribu Kwh/tahun. Instalasi sel surya di stadion tersebut disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia.

sumber: euro/antara

Tidak ada komentar: