04 Juni, 2008

Stadion Piala Eropa 2008 (8)

Stadion Ernst Happel
foto: european2008.net

STADION Ernst Happel yang terletak di Kota Wina ini dulunya lebih dikenal dengan nama Prater Stadium. Sejak 1992 namanya diganti untuk mengenang jasa Ernst Happel, mantan pemain timnas Austria sekaligus pelatih legendaris asal negeri tetangga Jerman itu, yang meninggal pada tahun yang sama.

Sebelum penampilannya yang sekarang, stadion ini pernah dirobohkan pada 1929, kemudian dibangun ulang dan dibuka kembali pada 1931. Nama arsitek stadion terbesar di Austria ini yang asal Jerman juga secara kebetulan bernama Otto Ernst Schweizer.

Tidak hanya dari namanya yang mengambil nama pesepakbola Jerman, stadion ini juga ternyata memang menyandang masa lalu gelap yang berkaitan dengan sejarah Jerman.
Pada era Nazi stadion ini pernah berubah fungsi sebagai barak, kemudian sebagai tempat tawanan para warga Yahudi. Saat itu fasilitas olahraga ini dalam kondisi rusak parah akibat pemboman pasukan Sekutu, sebelum dibangun kembali pada pertengahan dasawarsa 1950-an.

Menjelang Piala Eropa 2008, stadion itu mengalami perbaikan besar-besaran dengan biaya 57,9 juta dolar. Setelah perbaikan rampung tahun lalu, kapasitasnya bertambah dari 49.825 tempat duduk menjadi 53.000.

Stadion ini kerap digunakan dua klub top Austria, FK Austria Vienna dan Rapid Vienna,
sebagai kandang mereka di turnamen Eropa seperti Piala UEFA dan liga Champions. Selain kedua klub tersebut, timnas Austria juga kerap melaksanakan laga kandang mereka di stadion ini.

Berbagai partai final Liga Champions juga pernah digelar di sini. Tercatat ada lima partai yang pernah digelar di stadion yang akan menjadi tempat pertandingan final Piala Eropa 2008 ini. Terakhir adalah ketika Ajax Amsterdam mengalahkan AC Milan 1-0 pada final 1995.

Ernst Happel akan digunakan bagi tiga pertandingan di fase grup yang di antaranya adalah tuan rumah Austria, kemudian 2 partai perempatfinal, satu pertandingan semifinal, dan tentunya final yang akan digelar pada 29 Juni 2008.

Tepat kiranya kalau pertandingan final dilangsungkan di tempat ini yang memang dilengkapi dengan peralatan canggih dan prasarana sesuai dengan standar UEFA, dengan peringkat sebagai stadion bintang lima.

Memiliki sistem pemanas di bawah lapangan, dua dinding video yang modern, sebuah sistem kontrol akses elektronik dan sebuah ruangan klub VIP berpendingin udara yang mampu menampung 900 orang.

Ernst Happel juga pernah menjadi tempat berbagai konser besar, dengan penonton mencapai lebih dari 56.000 orang. Para rocker yang pernah manggung di sini
adalah Michael Jackson, Bon Jovi, Rolling Stones, U2, Guns N' Roses, Pink Floyd dan Tina Turner. Kemudian Three Tenors yang terdiri atas trio Placido Domingo (Spanyol), Jose Careras (Spanyol) dan Luciano Pavarotti (Italia), juga pernah menggung di sini.

Stadion tersebut dapat dicapai dengan berbagai angkutan umum. Letaknya tidak jauh dari Bandara Vienna-Schwechat, dapat dicapai dengan bus, trem dan kereta bawah tanah jalur U2.

Wakil Walikota Wina, Grete Laska menyatakan kalau persiapan Wina sudah sangat tepat dan mumpuni. Tak saja dari persiapan di pusat-pusat kota.

sumber: euro/antara

Tidak ada komentar: