04 Juni, 2008

Stadion Piala Eropa 2008 (7)

Stadion Worthersee

foto: european2008.net

STADION berkapasitas 32 ribu orang ini akan digunakan untuk Pertandingan: Jerman Vs Polandia, (Grup B) Kroasia Vs Jerman (B), Polandia Vs Kroasia (B).

Usai menggelar tiga pertandingan Grup B Euro 2008, kapasitas stadion akan dikurangi menjadi hanya 12.500 penonton saja. Worthersee mendapat dianugerahi gelar "Green Ball" atas konsep ketahanan dari efek global warming. Green Ball diberikan kepada institusi yang memberi kontribusi signifikan dalam konsep promosi ketahanan lingkungan di Euro 2008.

Stadion Worthersee menerima hadiah ini karena memperkenalkan sistem manajemen lingkungan yang menggunakan energi ramah lingkungan.Worthersee menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik stadion. Diperkirakan 120.000 suporter akan membanjiri stadion tersebut selama Euro 2008.

Stadion ini mulai dibangun pada 2002 dan sejak 2007 segala fasilitas sudah tersedia dan siap dipakai untuk pertandingan internasional. Worthersee dibangun dengan konsep seperti Stadion St. Jakob-Park di Basel, Swiss.

Multiolahraga bisa digelar di sini, meski fungsi utamanya tetap untuk sepak bola.
Stadion ini nantinya akan menjadi markas FC Karnten. Di sekeliling stadion dibangun
berbagai fasilitas umum seperti hotel, pusat perbelanjaan dan hiburan. Bahkan juga terdapat pusat kesehatan dan kebugaran di dekat stadion itu.

Jarak stadion itu dari Bandara sekitar 15 kilometer. Jarak dengan pusat kota hanya 5
kilometer. Akses transportasi dapat menggunakan bus atau taksi. Pada awal Desember tahun lalu, Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew menyebut ukuran stadion Worthersee terlalu kecil dan akan menyulitkan para pendukung tim Panzer.

Panitia dikabarkan hanya menyediakan jatah sebanyak 6000 buah karcis untuk para pendukung Jerman, padahal diperkirakan puluhan ribu warga Jerman akan melintasi perbatasan dengan Austria untuk mendukung Timnas mereka.

"Beberapa stadion di kejuaraan Eropa ini terlalu kecil," kata Loew sambil menyebut stadion di Klagenfurt.

Kota Klagenfurt juga menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Piala Eropa 2008. Dari situs EURO, Stadtgalerie Klagenfurt menawarkan hadiah istimewa yang diperuntukkan kepada pelukis, pematung, dan fotografer yang menghasilkan karya-karya yang berhubungan dengan sepakbola.

Pemenang kontes bertajuk 'SoccerArts' tersebut diumumkan pada 21 Juni. Semua karya yang masuk final akan dipajang di pusat belanja terbesar di kota Klagenfurt, di Carinthia.

Yang unik, meski menjadi salah satu kota tuan rumah Euro 2008, secara tradisional
Klagenfurt bukanlah kota yang fanatik dengan sepakbola. Olahraga hoki es lebih populer.

Kota Klagenfurt terletak di negara bagian Carinthia, negara bagian paling selatan di
Austria. Klagenfurt dihuni oleh sekitar 92 ribu warga. Obyek wisata yang paling terkenal dari Klagenfurt adalah Danau Worthersee, sebuah danau yang berada di kaki pegunungan Alpen.

sumber: euro/antara

Tidak ada komentar: