27 Juni, 2008

Piala Dunia 2010 Tidak Ditayangkan di TV

KETUA eksekutif perusahaan telekomunikasi Sentech, Sebiletso Mokone Matabane, mengatakan bahwa krisis pendanaan dapat menunda rencana Afrika Selatan untuk melakukan siaran digital bagi Piala Dunia 2010.

FIFA telah meminta Afsel untuk menggunakan format digital high-definition ketika mulai menyiarkan pertandingan Piala Dunia kepada pemirsa global yang berjumlah sekitar empat milyar orang.

Afsel, negara Afrika pertama yang menggelar Piala Dunia, menghabiskan milyaran dollar untuk membangun stadion dan meningkatkan infrastruktur. Mengubah sinyal televisi dari analog menjadi digital adalah bagian dari usaha tersebut. Digital pada umumnya menghasilkan gambar yang lebih bagus serta suara yang berkualitas.

Akan tetapi, Mokone Matabane mengatakan target perubahan pada 1 November 2008 mendatang kemungkinan tidak akan terlaksana mengingat kekurangan pengeluaran pokok.

“Dari segi teknis dan logistik Sentech berada di jalur yang tepat, namun saat ini terdapat penurunan pengeluaran pokok sebesar 295 juta Rand ($38,7 juta), yang kami dapatkan dari kas negara,” ujarnya.

Sentech sebenarnya meinta 960 juta Rand untuk mendanai pendigitalisasian jaringan televisi, namun pemerintah hanya mengalokasikan sebesar 665 juta Rand. Mokone Matabane lebih lanjut lagi mengatakan 918 juta Rand akan dibutuhkan manakala kedua format tersebut berada dalam jaringan.

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan pemancar satelit dan infrastruktur lainnya yang berkaitan dengan Piala Dunia berada sesuai jadwal dan penyiaran digital akan dapat digunakan oleh sembilan kota penyelenggara berdasarkan prioritas.

“Sentech akan memenuhi kewajibannya untuk menyediakan fasilitas pendukung satelit bagi Piala Dunia 2010. Seluruh kota penyelenggara akan diprioritaskan didalam penggunaan televisi digital,” tukas Mokone Matabane.

Thoraya Pandy, juru bicara Departemen Keuangan, mengatakan bahwa kas negara mempertimbangkan seluruh rencana departemen dan Sentech akan diperlakukan dengan cara yang sama seperti yang lainnya.


sumber: www.beritabola.dagdigdug.com

Tidak ada komentar: