07 Juni, 2008

Sejarah Piala Eropa (2)

PERHELATAN EURO 2008 atau Piala Eropa yang merupakan kompetisi antar negara-negara di Eropa, diklaim sebagai ajang sepakbola terakbar kedua setelah Piala Dunia. Kejuaraan ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali dengan negara penyelenggara yang berbeda-beda.

Empat tahun yang lalu, muncul kejutan besar, yaitu dengan menempatkan Yunani sebagai juara kejuaraan antar negara paling bergengsi tersebut. Penyelenggaraan tahun ini juga terdapat keunikan, yaitu sistim penyelenggaraan yang dilakukan oleh dua negara yang bertetangga Swiss dan Austria.
Berikut, sekilas sejarah penyelenggaraan EURO (setelah 1960, 1964, & 1968):


foto: euro2008.uefa.com

Euro 1972
Juara: Jerman
Runner-up: Uni Soviet
Tuan rumah: Belgia
Pencetak gol terbanyak: Gerd Muller (Germany) 4 gol
FORMAT turnamen 1972 ini, masih sama seperti format empat tahun sebelumnya. Kandidat kuat juara, Jerman dengan mudah membantai Belgia 3-0 di partai final yang di gelar di Brussels, lewat dua gol bintang Jerman Gerd Muller.
Jerman akhirnya merebut mahkota juara usai membungkam tim tangguh Uni Soviet 3-0.



foto: euro2008.uefa.com

Euro 1976
Juara: Cekoslovakia
Runner-up: Jerman
Tuan rumah: Yugoslavia
Pencetak gol terbanyak: Dieter Müller (Jerman) 4 gol
PUTARAN final Euro 1976 diadakan di Yugoslavia. Di partai final, Cekoslovakia berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Jerman 2-0.
Partai final kali ini diwarnai aksi diving yang dilakukan pemain Jerman, Uli Hoeness. Tapi, aksi brilian di perlihatkan kiper Ceko, Antonin Panenka dengan menggagalkan eksekusi penalti Sepp Maier.



foto: easyweb.easynet.co.uk

Euro 1980
Juara: Jerman
Runner-up: Belgia
Tuan rumah: Itali
Pencetak gol terbanyak: Klaus Allofs (Jerman) 3 gol
FORMAT baru kembali diterapkan pada Euro 1980. Delapan tim maju ke putaran final di Italia. Di partai puncak, Jerman berhasil mengandaskan perlawanan Belgia 2-1, lewat dua gol yang dicetak Horst Hrubesch.

sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar: