04 Juni, 2008

Stadion Piala Eropa 2008 (3)

Stadion Saint Jakob Park
AFP PHOTO / Handout/Swiss Air Force


DARI beberapa stadion yang disiapkan Swiss sebagai tuan rumah Euro 2008 bersama Austria, salah satunya adalah Stadion Saint Jakob Park yang berada di Kota Basel, daerah di tengah wilayah Swiss baratlaut yang berbatasan dengan Jerman maupun Prancis.

Di stadion ini lima pertandingan Euro 2008 akan digelar, yakni satu pertandingan pembukaan, satu pertandingan grup, dua pertandingan perempatfinal, dan satu pertandingan semifinal.

Dengan penetapan status sebagai stadion bintang empat oleh UEFA pada Mei 2002, gelanggang sepakbola ini tergolong besar dan modern sekelas stadion Munich di Jerman. Tempat yang dulunya bernama Joggeli dan menjadi markas klub Basel 1893 ini dibangun kembali selama dua setengah tahun dan selesai pada 2001 dengan menghabiskan dana sekitar 220 juta Franc Swiss.

Sebagai stadion utama, Saint Jakob memiliki kapasitas lebih dari 40 ribu penonton yang dibagi dalam empat blok: A, B, C, dan D dengan formasi tempat duduk mengelilingi lapangan.

Sungguh tidak mengherankan jika stadion ini dikategorikan sebagai stadion bergengsi oleh UEFA, karena dibangun dengan serius dan dirancang arsitek ternama Basel Herzog & De Meuron yang juga mendesain Tate Modern Gallery London, Olympic Stadium di Beijing China, serta Allianz Arena di Munich Jerman.

Bukan saja dilengkapi dua lantai area parkir yang mampu menampung 680 mobil, Saint Jakob juga didukung berbagai fasilitas memanjakan seperti pusat pembelanjaan maupun Cafe. Ada dua Cafe terkenal di dalam stadion ini yakni "Restaurant UNO" dan "Hattrick Sports Bar", sementara pusat pembelanjaannya tergelar di tiga lantai dengan luas 16.500 meter persegi.

Layaknya sudah mengadopsi konsep hemat energi, Saint Jakob juga dilengkapi teknologi energi alternatif sinar matahari. Dengan energi ini tidak membuat fungsi stadion menjadi terbatas, karena pertandingan pada malam hari pun bisa digelar di arena sepakbola ini.

Satu hal yang tidak banyak orang tahu, di Saint Jakob juga terdapat 107 ruang apartemen yang tersebar di enam lantai untuk menampung para Manula.

Dengan jarak hanya sekitar 3 km dari pusat Kota Basel, Saint Jakob Park sangat mudah
dijangkau. Para penonton bisa menjangkau stadion itu dengan menumpang bus nomor 37 dari terminal utama kota atau dengan bus nomor 36 bagi yang berada di Badischer Bahnhof. Bagi yang ingin menggunakan angkutan Trem bisa memanfaatkan Trem nomor 14 yang berwarna oranye dari pusat Kota Basel.

Sejak 2001, Saint Jakob telah menjadi tempat pertandingan kejuaraan UEFA European Under-21, kemudian pertandingan persahabatan tim nasional Jerman, Kroasia, Brasil, dan Argentina. Di stadion ini pula lah, klub-klub raksasa Liverpool, Manchester United, maupun Juventus pernah berlaga dalam Liga Champions UEFA.

Menjelang ajang besar UERO 2008, di Kota Basel juga sudah disiapkan lokasi pagi penggemar sepakbola yang ingin menyaksikan acara pembukaan dan pertandingan dari luar stadion. Di tempat yang dinamai Fan Zone, penggemar olahraga terpopuler di dunia ini bisa menyaksikan pesta pembukaan dan pertandingan Euro 2008 melalui layar raksasa selebar 60 meter persegi.

Tidak hanya fasilitas layar video di area publik untuk menampung para pengunjung, Basel juga mempermudah akses transportasi dengan tidak memberlakukan larangan penerbangan malam selama kejuaraan UERO 2008 berlangsung. Dari uji pengamanan yang dilakukan oleh otoritas penyelenggara kejuaraan itu, Basel juga dinyatakan sudah memenuhi syarat sebagai tuan rumah.

Pada pertandingan pembukaan 7 Juni mendatang, stadion ini diperkirakan akan dibanjiri
pengunjung karena tuan rumah Swiss akan menjamu Republik Cekoslovakia di tempat ini.
Tuan rumah Swiss di Grup A bersama Cekoslovakia, Portugal, dan Turki.

Sumber: euro/antara

Tidak ada komentar: