04 Juni, 2008

Stadion Piala Eropa 2008 (5)

Stadion Tivoli Neu
foto: european2008.net

PESTA sepak bola terbesar antar negara-negara Eropa atau Euro 2008 akan digelar mulai akhir pekan ini dan sebuah kota di Austria, Innsbruck, sudah siap menyambut pesta sepak bola tersebut.

Melihat kondisi kotanya yang bersalju, Innsbruck sebenarnya lebih banyak digunakan untuk menggelar kegiatan olahraga musim dingin ketimbang sepak bola. Kota tersebut pernah menjadi tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin pada 1964 dan 1976, selain juga menjadi tempat kejuaraan-kejuaran hoki es dan seluncur salju (snowboarding).

Namun demikian, di Innsbruck berdiri megah stadion yang sudah direnovasi. Stadion Tivoli Neu atau stadion Tivoli baru yang kini memiliki kapasitas 30 ribu tempat duduk dan akan menyelenggarakan tiga pertandingan Grup D Euro 2008.

Pertandingan pertama di stadion tersebut adalah antara Spanyol dan Rusia pada 10 Juni, kemudian setelah itu Swedia melawan Spanyol pada 14 Juni dan terakhir Rusia lawan Swedia pada 19 Juni, yang dijamin akan memberikan tontonan menarik bagi para penggila sepak bola.

Stadion ini merupakan stadion serbaguna, namun pemanfaatannya terutama sekali untuk
sepakbola. Klub bola Wacker Tirol menjadikan stadion yang dibangun tahun 2000 tersebut sebagai kandangnya.

Khusus untuk penyelenggaraan Piala Eropa, kapasitas stadion tersebut diperbesar dari semula 17.400 menjadi 30.000 tempat duduk. Dan, setelah tiga pertandingan Piala Eropa, kapasitas stadion tersebut akan kembali seperti semula.

Bagi yang tidak bisa masuk stadion, jangan kecewa karena panitia penyelenggara di sana akan membuat layar besar di sebuah tempat yang bisa menampung lebih dari 15 ribu penonton.

Fasilitas stadion ini cukup lengkap. Selasarnya seluas 10.000 meter persegi terdiri atas berbagai fasilitas permanen, seperti ruang perkantoran klub olahraga, toko-toko
perlengkapan olahraga dan pusat kebugaran.

sumber: euro/antara

Tidak ada komentar: