28 Oktober, 2009

Ini Dia Bahasa Cinta Anak

SAHABAT Cinta… penggunaan bahasa cinta pada anak menjadi sangat penting bagi anak karena akan memengaruhi karakter anak kelak mereka menjadi Insan mulia. Oleh karena itu, dimana pun tempatnya, di rumah, di sekolah, di taman bermain bagi seorang anak adalah sama, yaitu belajar. Nah, sahabat cinta.. bagi anak, belajar berarti bermain dan berbuat. Bahasa cinta pada anak tak bisa diurut satu persatu karena banyak elemen yang terkandung di dalamnya. Namun, tak ada salahnya kalau sahabat cinta mengenal beberapa diantaranya, yaitu:

1. Sentuhan
Sentuhan yang tulus seperti mencium anak sewaktu tidur, menggandeng tangan, menggendong memeluk secara emosional dapat meningkatkan kualitas hubungan sahabat cinta dengan sang anak. Menyentuh perasaan anak dengan cara membelai kepala atau pipi mereka secara tak langsung anak akan merasa mendapatkan sentuhan nikmat kasih sayang dan kelembutan.

2. Contoh
Bahasa cinta pada anak yang lebih effektif adalah memberikan contoh perilaku Anda, sahabat cinta. Sebagai ayah dan ibu dengan saling mencintai. Memberikan contoh pada anak dengan membiasakan diri memanggil dengan kasih sayang akan mudah dipahami oleh anak.

3. Pujian
Kata pujian, motivasi, harapan buat anak begitu sangat penting dalam proses belajar membangun karakter pada dirinya. Misalnya, "Adek sekarang sudah rajin sholat ya.." Kalimat itu sebagai penghubung yang kuat yang bisa terus terekam pada memori anak hingga kelak mereka dewasa bahkan kata pujian juga menambah keparcayaan diri pada anak.

4. Waktu
Bahasa cinta pada anak juga akan dimengerti ketika sahabat cinta meluangkan waktu, seperti setiap sore jalan-jalan. Bagi anak kehadiran sahabat cinta sangatlah dibutuhkan secara fisik. Namun juga yang terpenting adalah meluangkan waktu secara berkualitas. Bercerita, mendongeng sangat mudah dimengerti bagi anak sebagai bahasa cinta.

5. Hadiah
Bahasa cinta dalam proses belajar salah satu yang terpenting adalah memberikan hadiah kejutan. Gunakan pada momen-momen khusus, seperti kenaikan kelas, menang dalam perlombaan atau berprestasi dalam bidangnya. Hal itu akan mendorong anak agar terus berprestasi.

Tidak ada komentar: